cover
Contact Name
Ashadi Cahyadi
Contact Email
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Phone
+6285245805803
Journal Mail Official
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116 Telp. (0561) 748219
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Olah Raga
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 20892829     EISSN : 24071528     DOI : http://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published twice a year, in June and December. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports, and with p-ISSN: 2089-2829 and e-ISSN: 2407-1528. (https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/about/editorialPolicies#focusAndScope)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga" : 13 Documents clear
METODE LATIHAN CIRCUIT TRAINING UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN OTOT LENGAN & AKURASI MEMANAH Betrix Teofa Perkasa Wibafied Billy Yachsie; Suharjana Suharjana; Ali Satia Graha; Siis Suhasto
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.2790

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh latihan circuit traning atas hasil daya tahan otot lengan dan akurasi memanah atlet panahan di Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiment kuantitatif dengan design penelitian one grup pretest posttes design . Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 atlet. Sampel di tentukan menggunakan purposive sampling sebanyak 12 atlet yang di beri treatment sebanyak 16x pertemuan. Instrumen yang digunakan test daya tahan otot lengan dan scoring memanah jarak 50m. Data yang terkumpul akan di uji normalitas menggunakan teknik Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas memakaiuji Levene Test Wilk . Uji hipotesis menggunakan teknik uji-t bahwa t hitung = -0,10 lebih kecil dari t (0,05) (12) = 2,22 pada taraf signifikansi 0,08 % sehingga tingkat kebermaknaan Hipotesis nul (Ho) diterima. Hasil dalam penelitian ini menunjukan, (a) terdapat peningkatan daya tahan otot lengan pada atlet panahan Kabupaten Banyumas setelah melakukan latian; (b) terdapat peningkatan latihan circuit traning pada hasil akurasi memanah atlet panahan Kabupaten Banyumas setelah melakukan latihan. Oleh karena itu dengan diberikan latihan circuit traning dapat dijadikan alternatif latihan fisik.
KUESIONER PERSEPSI CONTENT VALIDITY /FACE VALIDITY UNTUK REMAJA TUNANETRA Ibnu Sina; Ahmad Yani; Dena Widyawan
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.2889

Abstract

Penelitian Delphi ini tujuannya adalah untuk mengetahui content/face validity dari persepsi diri, persepsi orang tua, dan kuesioner metaperception pada remaja penyandang tunanetra. Sampel berjumlah dua puluh empat termasuk ahli dari 4 kategori: (1) guru yang mengajar penyandang tunanetra disekolah, guru penjas adaptif dan guru umum yang berjumlah enam orang; (2) dosen yang penelitiannya dibidang penjas, penjas adaptif atau motorik yang berjumlah tiga orang; (3) orang tua penyandang tunanetra yang berjumlah dua orang; dan (4) penyandang tunanetra dua orang. Setelah dua putaran menyelesaikan prosedur Delphi, hasil menunjukkan mean di atas 4,0 dari 5,0 untuk ketiga kuesioner. Para ahli menganggap content/ face validity instrumen dapat diterima.
TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN TEMPURAN Asep Sunandar Sunarya; Aria Kusuma Yuda; Muhammad Mury Safei
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.2922

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan siswa kelas XI terhadap pembelajaran senam lantai di SMA Negeri se-Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode survei, instrumen berupa te pilihan ganda, subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Tempuran yang berjumlah 30 orang. Teknik analsis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam presentase. Hasil dari penelitian ini menjukan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas XI terhadap pembelajaran senam lantai berada dikategori “sangat rendah” 7%, “rendah”23%, “sedang” 27%, “tinggi” 40%, dan “sangat tinggi” 1%.
Tingkat Pengetahuan Siswa Dalam Pembelajaran Bulutangkis Kelas X Di SMA Negeri 1 Cikarang Utara Prima Mugi Ginulur Rahayu; Abdul Salam Hidayat; Saepul Ma'mun
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.2933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas X bulu tangkis di SMA Negeri 1 Cikarang Utara. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XMIPA. Salah satu metode pengumpulan data menggunakan deskriptif menggunakan kuesioner. Reliabilitas kuesioner ini sebesar 0,873. Besar sampel 70. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis deskriptif persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa yang belajar bulu tangkis kelas X adalah 47,1% kategori “cukup”, 45,7% kategori “baik” dan 7,1% dalam kategori “kurang”.
PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN SOFTGAME TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA Ismail Hasan Muttaqien
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.2988

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku sosial antara kelompok siswa yang diterapkan permainan softgame dan kelompok siswa yang diberikan perlakuan seperti biasanya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain “Pretest-Posttest Control group design” dengan alat pengumpulan data berupa angket perilaku sosial. Subjek penelitian yaitu siswa di SMP Negeri 1 Lembang yang mengikuti ekstrakurikuler Taekwondo yang terdiri dari 30 siswa terbagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok permainan softgame dan kelompok konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penerapan permainan softgame terhadap perilaku sosial pada kelompok softgame. Sedangkan pada kelompok konvensional tidak berpengaruh terhadap perilaku sosial siswa. Maka, kesimpulan yang didapat  dalam penelitian ini bahwa penerapan perilaku sosial berpengaruh terhadap peningkatan perilaku sosial siswa.
PENGARUH INTEGRATIF INTERVENSI KETERAMPILAN GERAK ANAK YANG DIRANCANG SECARA UNIVERSAL Harry Wibowo Sampurno; Ade Tuti Lestari; Dena Widyawan
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.3021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intervensi integratif pada sekolah inklusi yang ditunjuk oleh pemerintah daerah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre/post/control. Tempat penelitian di SDN 01 Pengadilan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Peneliti secara random memilih 6 kelas dari 9 kelas untuk berpartisipasi dalam penelitian, sebelum melakukan penelitian peneliti membagikan lembar persetujuan dengan orang tua, dari total 120 orang yang mengembalikan ada 112 orang yang mengembalikan termasuk anak penyandang disabilitas dengan total 22 orang. Instrument yang digunakan yaitu TGMD-2 dan BOT2-BF. Data dianalisis dengan uji deskriftif, Uji T Independen, ANOVA, dan ANCOVA. Hasil analis bahwa hampir semua anak mempunyai kompetensi yang rendah dalam keterampilan gerak. Berdasarkan temuan ini semuanya dapat mengambil manfaat dari berbagai aspek ketika menggunakan kurikulum yang sesuai.
PENGARUH LATIHAN SINGLE MULTIPLE JUMP TERHADAP TENDANGAN JAUH DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA EKTRAKULIKULER SEKOLAH MENENGAH ATAS Deri Perdian
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.3084

Abstract

Penelitian ini bertujuan berdasarkan pada kenyataan bahwa pada umumnya hasil tendangan jauh pada siswa ekstrakurikuler sepak bola SMAN 1 Pangkalan Karawang masih sangat rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian eksperimen ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh latihan single multiple jump terhadap hasil tendangan jauh pada siswa ekstrakurikuler sepak bola SMAN 1 Pangkalan Karawang. Dalam penelitian eksperimen ini populasinya adalah 30 orang dari siswa ekstrakurikuler sepak bola SMAN 1 Pangkalan Karawang, dari populasi 30 orang peneliti mengambil 20 orang sebagai sampel. Dari hasil pengujian latihan single multiple jump di peroleh t hitung = 6.385. nilait tabel pada ɑ = 0,05; dk = n-1 (15-1 = 14) di peroleh harga sebesar 1.761. Dengan demikian thitung lebih besar dari t table ( thitung = 5.570 ttabel = 1.761 ). Berdasarkan kriteria pengujian bahwa tolak H0: Jikat hitung ttabel pada α = 0,05; n – 1, oleh karena itu hipotesis alternativ atau Ha dapat di terima, sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh latihan single multiple jump terhadap hasil tendangan jauh.
PENGARUH LATIHAN CIRCUIT TERHADAP KEMAMPUAN DRIBLING SEPAK BOLA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMA N 2 SINTANG Rubiyatno Rubiyatno; Rahmat Putra Perdana; Zainal Arifin; Eka Supriatna
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.3155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh latihan circuit training terhadap menggiring sepak bola siswa SMA N 2 Sintang Kalimantan barat. Berdasarkan hasil survei yang telah peneliti lakukan di SMA N 2 Sintang Kalimantan barat khususnya pada siswa putra ekstrakurikuler sepak bola memiliki minat yang cukup besar hal ini terlihat dari siswa yang mengikuti ekstrakurikuler yang jumlahnya mencapai 34 siswa, namun  pada saat aktivitas latihan dan pertandingan pelatih dan guru mengamati, sebagian siswa  kurang terampil dalam melakukan dribling sepak bola sehingga bola mudah direbut lawan. hal ini terlihat dari penguasaan bola, kelincahan , hingga kecepatan pada saat menggiring bola. Sehingga pada saat pertandingan permainan menjadi kurang efektif dan bola mudah dkuasaioleh lawan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pretest and post test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil uji t diperoleh t hitung t hitung (15,970) t tabel (2,0345)  (taraf signifikansi 5%), karena t hitung lebih besar dari t tabel maka terdapat perbedaan yang signifikan. Hal tersebut menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan dribling sepak bolaputra ekstrakurikuler  SMA N 2 Sintang
PENGEMBANGAN MEDIA LATIHAN RETURN BOARD BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI FORE HAND TENIS MEJA KHUSUS PEMULA PADA SITUASI COVID- 19 UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Bernabas Wani; Robertus Lili Bile
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.3218

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan sebuah produk alat bantu latihan return board berbasis budaya lokal. (2) Membantu siswa dan guru olahraga dalam meningkatkan kemampuan pukulan forehand dalam permainan tenis meja. Desain penelitian dan pengembangan terdiri dari tujuh langkah, yaitu (1) Penelitian produk yang telah ada (studi literatur dan penelitian lapangan). (2) Perencanaan pengembangan produk. (3) Pengujian internal desain ( validasi ahli) ke-1. (4) Revisi produk ke-1. (5) Pengujian internal desain (validasi ahli). (6) Revisi produk ke-2. (7) Produk akhir. Tempat dan subyek penelitian yaitu siswa SMP Citra Bakti Kelas VIII. Validasi produk dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli materi,ahli media, dan ahli desain. pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen angket skala nilai, dokumentasi penelitian, pedoman observasi dan video penggunaan produk yang digunakan oleh ahli  pada tahap validasi pertama dan kedua. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan : (1) produk pengembangan alat bantu latihan return board berbasis budaya lokal  dapat digunakan untuk meningkatakan pukulan forehand dalam permainan tenis meja. (2) produk pengembangan alat bantu latihan return board berbasis budaya lokal dapat digunakan sebagai sarana latihan bagi siswa disekolah. (3) produk alat bantu latihan return board dapat digunakan sebagai sarana untuk memotivasi siswa dalam berlatih pukulan forehand . Produk pengembangan berupa pengembangan alat bantu latihan return board berbasis budaya lokal sebagai media latihan teknik dasar pukulan forehand dalam permainan tenis meja bagi siswa SMP kategori “layak” (sesuai) untuk digunakan sebagai sarana dalam melakukan latihan pukulan forehand dalam permainan tenis meja.
IMPLEMENTASI VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PASSING PERMAINAN FUTSAL PESERTA EKSTRAKULIKULER DI MADRASAH ALIYAH Arif Dwi Saputra; Febi Kurniawan; Muhammad Mury Syafei
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v10i2.3236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi video animasiterhadap kemampuan passing permainan futsal peserta ekstrakulikuler di madrasahaliyah. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain “The One Group PretestPosttest Design”. Populasi penelitian adalah peserta ekstrakulikuler di madrasahaliyah yang berjumlah 14 orang. Instrument yang digunakan adalah tes mengoperbola rendah dari Dica Febri Wardana (2015: 33). Hasil penelitian menunjukkanbahwa ada pengaruh yang signifikan implementasi video animasi terhadapkemampuan passing permainan futsal peserta ekstrakulikuler di madrasah aliyah,dengan nilai t hitung 4,315 ttabel 2,14, dan nilai signifikansi 0,001 0,05, dankenaikan persentase sebesar 37,72%.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olahraga More Issue